Activities

Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menugaskan Pusat Mikroelektronika ITB Bandung sebagai pembina untuk Pusat Unggulan Pariwisata (PUPAR) Unud. Kegiatan yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja PUPAR sebagai Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) pertama di Unud. Pembinaan tersebut telah dilaksankan pada 27 Juli 2019, hadir Prof. Trio Adiono, ST., MT., Ph.D dan Almira Diva M dari PME ITB yang didampingi Nining Setyawati dan Sugiharto dari Kemenristek Dikti. Pada pembinaan tersebut Ketua PUPAR Unud Dr. Agung Suryawan Wiranatha memaparkan rencana kerja dan capaian PUPAR pada semester pertama tahun 2019. Sebagai lembaga baru, kata Dr. Agung Suryawan, PUPAR masih merangkak untuk dapat memenuhi kriteria ideal PUI-PT. “Pembinaan dari lembaga PUI-PT yang lebih yang lebih dulu hadir memang sangat diperlukan, kami sangat berterima kasih kepada PME ITB yang telah bersedia berbagi pengalaman dan memberi masukan terkait kelemahan-kelemahan dalam pengelolaan PUPAR Unud,” Ujar Dr. Agung Suryawan.

Prof. Trio mengatakan jalinan komunikasi antar PUI-PT diseluruh Indonesia harus selalu terjalin baik. Bila terjadi masalah dalam pengelolaannya, katanya, dapat dicarikan solusi secara bersama-sama. Diakui Prof. Trio kehadirannya memberikan masukan pada pengelolaan PUPAR karena pusat unggulan institusi bersiap-siap menghadapi monitoring dan evaluasi pada akhir Agustus 2019. Secara umum, lanjut Prof. Trio, PUPAR Unud siap menghadapi monev, hanya perlu perbaikan laporan kemajuan dan penyertaan bukti-bukti kegiatan saja.

Sementara itu Nining Setyawati dari Kemenristek Dikti menyatakan gembira atas progress yang dicapai PUPAR Unud yang menunjukkan keseriusan para pengelolanya untuk mewujudkan lembaga ini sebagai leader dalam mengembangkan kegiatan riset, non riset maupun bisnis. “Kinerja Bapak/Ibu apakah sesuai dengan kriteria-kriteria pengelolaan PUI-PT nanti akan diuji tim lain pada monev mendatang. Tetap semangat dan tingkatkan kinerja, semoga hasil monevnya tidak mengecewakan,” pesan pejabat di Kemeristek Dikti tersebut. (Sar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment